-->

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Pada masa kehamilan banyak ibu hamil yang mengeluh karna rasa sakit pada bagian pinggangnya. Kondisi tersebut merupakan hal wajar yang sering di alami pada masa kehamilan.

Apakah sakit pinggang saat hamil dapat berbahaya pada bayi dan ibu hamil itu sendiri? Mari kita simak baik-baik penjelasan dibawah ini.


Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Sakit pinggang saat hamil merupakan hal yang sangat wajar dikarenakan berat badan seorang wanita akan bertambah pada masa kehamilan. Selain itu, hormon kehamilan dapat membuat ligamen di bagian panggul mengendur.

Untuk mengatasi rasa sakit pada bagian pinggang ibu hamil, sebaiknya hindari menggunakan obat-obatan karena dapat membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan.

Memang saat hamil, ada beberapa obat-obatan yang harus di hindari, dengan kata lain harus sangat hati-hati dalam menggunakan obat-obatan.

Dibawah ini kita akan membahas beberapa cara mengatasi sakit pinggang saat hamil tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan.

Posisi berdiri dan duduk yang nyaman

Usahakan untuk mencari posisi tubuh yang nyaman saat berdiri ataupun duduk. Apabila anda sedang merasa tidak nyaman pada bagian punggung dan pinggang, sebaiknya bersandar untuk mengurangi rasa ketidak nyamanan bahkan rasa nyeri pada bagian punggung dan pinggang.

Gunakan bantal kecil untuk mengganjal dibagian punggung saat duduk dan bersandar.

Perbaiki cara mengangkat suatu benda saat hamil


Salah satu penyebab yang dapat membuat nyeri pinggang makin menjadi-jadi biasanya saat beraktifitas mengambil dan mengangkat benda dengan membungkuk.

Posisi yang baik dan benar untuk mengangkat atau mengambil benda yang tergeletak di lantai yaitu dengan cara berjongkok atau menjadikan lutut sebagai tumpuan.