Cara Sehat Menolong Sahabat

Sahabat Anda sedang mengalami prahara dan masa-masa sulit dalam kehidupan perkawinannya? Anda tetap bisa menjadi sahabatnya dan menolong dia melewati masa-masa sulit tersebut dengan cara-cara berikut, seperti dikutip GoodHealth berikut ini.

Cara Sehat Menolong Sahabat

• Tidak memberi nasihat

Meskipun Anda mungkin pernah mengalami perceraian, sadari bahwa Anda bukan orang yang ahli di bidang itu, sehingga tidak perlu memberinya nasihat, apalagi sampai menyarankan dia untuk bercerai saja. Cara paling baik yang bisa dilakukan untuk meringankan bebannya adalah cukup mendengarkan bila dia bercerita.

Baca Juga : Gosip: Masuk Telinga Kiri, Keluar Telinga Kanan!

• Tidak ikut menjelek-jelekkan pasangannya

Paling mudah bila Anda menyetujui pendapat sahabat yang sedang marah dengan ikut menjelek-jelekkan pasangannya. Jauh lebih mudah, terutama bila kita sudah tidak respek kepada pasangannya. Namun, sadari bahwa sahabat Anda tetap membutuhkan teman yang tidak memihak.

Baca Juga : Tips Mengenai Cara Melangsingkan Tubuh

• Beri sahabat Anda “ruang” 

Lebih baik sahabat Anda sendiri yang menjawab pertanyaan yang telontar dari lingkungan terdekat, seputar rumah tangganya. Jangan pernah mau menjadi juru bicara buatnya karena hal itu mungkin akan membuatnya menyesal pernah curhat dengan Anda. Sadari bahwa dia perlu waktu untuk memberitahukan peristiwa pahit tersebut kepada orang-orang terdekatnya.

• Sebarkan emosi positif 

Tebarkan kegembiraan daripada menyalahkan kedua belah pihak. Beri dukungan kepada sahabat dengan menemaninya bila dia butuh teman.

•  Beri tahu dia ahli yang mungkin bisa dihubungi 

Mungkin Anda bisa merujuknya ke psikolog, psikiater, atau siapa pun yang ahli di bidang ini.

Click to comment