Menstruasi Tidak Lancar Gejala Awal Penyakit Ginekologi

Bagi setiap wanita menstruasi merupakan salah satu masa yang paling menyebalkan. Pasalnya pada masa ini, sebagian dari mereka akan mengalami berbagai keluhan. Mulai dari haid yang tidak lancar, nyeri pada pinggang, kram pada perut, dan perubahan mood yang tiba-tiba. Ada beberapa faktor haid tidak lancar yang mempengaruhi keluhan-keluhan yang datang saat datang bulan.

Menstruasi Tidak Lancar Gejala Awal Penyakit Ginekologi

Salah satu keluhan yang kerap terjadi adalah keluhan rasa sakit yang luar biasa pada bagian perut. Adapun penyebab perut kram pada wanita yang sedang mengalami menstruasi biasanya dianggap masalah sepele. Tanpa mereka ketahui jika haid tidak lancar dan kram pada perut bisa saja merupakan salah satu gejala adanya penyakit ginekologi yang wajib untuk di waspadai.

Berikut ini gejala siklus haid yang tidak normal yang wajib untuk di waspadai.

1. Haid terlambat

Gejala awal penyakit ginekologi adalah waktu datang bulan yang terlambat. Jika haid datang terlambat 7 hari atau lebih dari bulan sebelumnya, maka Anda patut untuk lebih waspada. Karena ada dua kemungkinan yang terjadi, yakni kehamilan atau gejala awal Ginekologi. Jika hal ini sering terjadi, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan.

2. Haid datang lebih awal

Saat haid datang lebih awal, sebaiknya Anda juga harus lebih waspada. Pasalnya, jika hal ini terjadi menggambarkan adanya penyakit atau kelainan dari dalam rahim yang mungkin saja berbahaya bagi tubuh. Penyakit yang kerap berhubungan dengan haid yang datang di awal adalah adanya perkembangan sel kanker dan gangguan yang terjadi pada kelenjar endokrin.

3. Warna darah haid tidak normal

Seperti kita ketahui bersama jika warna darah haid yang normal adalah berwarna merah gelap disertai dengan adanya bercak merah yang merupakan lendir seriks. Saat warna darah haid memliki warna merah jernih, memiliki tekstur menyerupai air, dengan warna merah muda, hitam atau ungu itu merupakan darah haid yang tidak normal. Jika mengalami hal tersebut, pastikan Anda mendapatkan penangan medis lebih lanjut.

Selain ketiga tAnda di atas beberapa faktor haid tidak lancar juga berpengaruh pada lama masa haid. Pada umumnya haid akan berlangsung selama 7 hari jika wanita mengalami masa haid terlalu lama bisa menyebabkan wanita kehilangan banyak darah dan secara tidak langsung berpengaruh pada kesuburan rahim.

Penyebab perut kram pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi memang memiliki faktor yang beragam. Kendati hal itu kerap terjadi dan bisa dibilang hal yang sangat wajar, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap waspada akan kemungkinan yang akan terjadi karena pengaruh haid tidak lancar.

Click to comment