Coworking Space Alternatif Ruang Kantor Baru

Kehadiran coworking space di Indonesia sangat membantu para enterprenuer khususnya startup muda, kemunculannya sendiri masih terbilang baru yaitu pada tahun 2010 di Bandung dan mulai eksis pada Tahun 2016 di Jakarta. Kini coworking space sudah tersebar di seluruh daerah Indonesia khususnya daerah metropolitan seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Lampung dan sebagainya.

Coworking Space Alternatif Ruang Kantor Baru

Praktis merupakan alasan umum yang sering digunakan para pengguna coworking space, mereka tidak lagi di pusingkan dengan biaya sewa gedung untuk membuat sebuah kantor dan juga mengenai kebersihannya selain itu fasilitas yang disediakan terbilang bagus ditambah dengan fasilitas internet gratis tanpa adanya batasan waktu.

Ruangan yang tersedia tidak hanya dapat digunakan untuk bekerja secara pribadi namun juga dapat digunakan untuk meeting/rapat bersama karyawan atau rekan kerja. Luas ruangan yang hendak dipakai dapat disesuaikan dengan kebutuhan terkadang dilengkapi pula dengan LCD proyektor.

Coworking space merupakan sebuah konsep yang menawarkan kepada siapa saja yang butuh tempat untuk ruang kantor. Ruangannya di desain sedemikian rupa sehingga para pengguna dapat bekerja secara nyaman dan rileks hal ini dimaksudkan untuk membantu menstimulasi daya pikir dan memunculkan ide baru.

Bekerja dalam keadaan rileks dan nyaman dapat meningkatkan konsentrasi seseorang sehingga dapat meningkatkan kualitas serta produktivitasnya. Bekerja di coworking space membuat seseorang merasa lebih bebas karena tidak adanya peraturan yang mengikat selayaknya perusahaan mereka bebas makan dan minum kapan saja tanpa harus menunggu jam istirahat.

Peserta di dalamnya beragam ada yang bekerja secara individu, organisasi, bahkan kelompok dari sebuah perusahaan tertentu. Kita dapat berkenalan dengan orang baru bahkan bertukar informasi dengannya. Hal ini dapat memunculkan kesempatan untuk bertukar informasi dengan orang lain serta menjalin kolaborasi bisnis yang menguntungkan.

Beberapa penyedia menghadirkan ruangan dengan konsep semi terbuka yang di desain dengan menggunakan elemen kayu yang dipadukan dengan nuansa hijau serta pemakaian kaca yang lebar agar ruangan mendapat sinar matahari yang melimpah. Elemen kayu dipilih untuk memberikan efek santai namun berkelas sedangkan nuansa hijau dipilih agar seolah-olah kita bekerja di luar ruangan.

Dilarang merokok di dalam ruangan merupakan aturan dasar yang wajib dipatuhi oleh seluruh peserta, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan kualitas udara. Selain ruangan dan meja-meja biasanya di dalamnya juga terdapat kafe yang menyediakan berbagai jenis minuman serta makanan kecil, terkadang ada beberapa pemilik yang menyediakannya secara gratis.

Waktu pemakaian ruangan yang fleksibel dan dapat diatur sesuai kebutuhan menjadi kelebihan coworking space biasanya penyedia menawarkan paket per jam, harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan dengan syarat mendaftar menjadi member terlebih dahulu.

Coworking Space terdiri dari 5 jenis yaitu midsize and big community yang dapat menampung 40 orang, small community yang berisi 10 orang, corporate powered yang bisanya dimanfaatkan oleh perusahaan besar, University related dominasi oleh pelajar. Popup berisi beberapa komunitas yang bekerja dengan tujuan uji coba coworking space sebelum dibuat permanen.

Sebenarnya apa yang membedakan coworking space dengan ruang kantor biasa? Perbedaannya terletak pada tata ruangnya, perkantoran biasanya memiliki sekat pemisah  antar pekerja khususnya atasan dengan bawahan namun di coworking space ruangannya terhubung menjadi satu selain itu dapat dilihat dari kemampuan menjaga hubungan sosial antar para pekerja di dalamnya.

Bagi anda yang menyukai tempat kerja bernuansa elegan dan mewah dapat menggunakan jasa premium coworking space yang didalamnya tersedia berbagai macam tipe ruangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tempat ini menawarkan fasilitas yang lebih baik dibanding dengan reguler coworking space untuk mendapatkannya kita dapat membuka laman web GO-WORK

Click to comment