Ribet Memasak untuk Sahur dan Berbuka Nanti? Lakukan Hal ini!

Bunda, dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Berbagai persiapan—khususnya dalam menjaga emosi—pun dilakukan menjelang puasa. Termasuk di dalamnya menu-menu apa saja yang akan dihadirkan ke tengah-tengah keluarga tercinta.

Ribet Memasak untuk Sahur dan Berbuka Nanti? Lakukan Hal ini!

Bicara tentang menu sehari-hari, tentu Bunda sudah memikirkan apa yang akan dimasak saat sahur dan berbuka dong. Kalau belum, tenang saja, Bun. Sambil memikirkan menu apa yang akan dimasak nanti, ada baiknya Bunda mengikuti beberapa tip di bawah ini agar bisa memasak untuk sahur dan berbuka lebih cepat dan menghemat waktu Bunda yang terbatas akibat kesibukan lainnya.

1.    Belanja kebutuhan lauk—seperti daging, ikan, dan ayam—untuk stok satu minggu.
2.    Masak dalam jumlah banyak sekaligus.
3.    Stok bumbu bubuk dan bumbu dasar.
4.    Gunakan peralatan dapur yang modern.

Nah, untuk bumbu dasar ada tiga jenis yang biasa digunakan, yakni bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar putih. Ketiga jenis bumbu dasar ini bisa Bunda dapatkan di pasar-pasar.

Namun, ketimbang membelinya, Bunda juga bisa membuatnya sendiri, lho. Selain lebih ekonomis, pastinya cita rasa bumbu dasar yang Bunda buat sendiri akan lebih enak dan alami. Berikut adalah resep bumbu dasar merah.

Bahan

200 gram cabai merah
150 gram bawang merah
100 gram bawang putih
2 potong lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
1 sdt garam
200 ml air
Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat

1.  Rebus cabai dalam air mendidih selama satu menit untuk menghilangkan bau langu cabai.
2.  Masukkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan air ke dalam blender. Proses hingga tingkat kehalusan sesuai selera.
3.  Tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam panci, panaskan hingga air menguap.
4. Tambahkan beberapa sendok makan minyak, lalu tumis dengan api kecil hingga benar-benar matang dan warnanya berubah menjadi merah tua pekat dan aromanya harum. Angkat, dinginkan. Simpan dalam wadah tertutup. Masukkan ke dalam kulkas.

Baca Juga : Melebarkan Usaha Hingga Berbagai Kalangan dengan Cara Sederhana

Bagaimana, mudah ‘kan, Bun? Semoga tip dan resep bumbu dasar di atas bermanfaat bagi Bunda selama menjalankan ibadah puasa nanti, ya. Bunda,

Click to comment