Mengenal 6 Jenis Pipa Rucika di Pasaran

Pipa air menjadi salah satu unsur bangunan yang memiliki peranan penting. Elemen ini berfungsi untuk menyalurkan air bersih hingga limbah rumah tangga. Saat ini pipa yang dijual di pasaran terdiri dari beberapa jenis dengan kegunaan masing-masing. Berikut ini adalah ulasan dari jenis-jenis pipa tersebut.


6 Jenis Pipa Rucika

PVC

Pipa PVC merupakan jenis pipa untuk saluran air yang dijual dengan harga terjangkau. Keunggulan dari pipa ini adalah proses pemasangannya sangat mudah sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis pipa yang paling banyak digunakan untuk rumah hunian. Pipa tersebut terbuat dari material polivinil klorida yang aman untuk menyalurkan air bersih dan tidak mengandung zat berbahaya. Pipa ini memiliki sifat licin dan anti api sehingga menjamin aliran air akan berjalan dengan lancar.


PVC-O

Ini adalah jenis pipa dari pengembangan pipa PVC. Pipa ini diproduksi dengan metode bi-axial. Hal ini membuat ikatan antar molekul bahan baku semakin kuat dengan bahan yang lebih tipis sehingga sangat efektif untuk menampung volume air. Selain itu, jenis pipa ini juga lebih kuat dibandingkan PVC biasa sehingga produk ini lebih cocok untuk saluran air yang tahan lama.


CPVC

CPVC atau Chlorinated Polyvinyl Chloride juga merupakan produk hasil pengembangan pipa jenis PVC. Keunggulan pipa ini adalah sifatnya yang tahan panas. Pipa ini mampu bertahan dari suhu 180 derajat Celcius karena material pembuatnya lebih tebal. Jenis pipa ini sangat cocok untuk instalasi pipa saluran air panas di rumah hunian.


HDPE

Jenis pipa air lainnya yang tersedia di pasaran adalah pipa HDPE atau High Density Polyethylene. Pipa ini terbuat dari bahan plastik non-toksik dan sangat elastis. Pipa ini juga aman digunakan untuk menyalurkan air yang dikonsumsi di rumah tangga. Dengan sifatnya yang kuat dan elastis, pipa HDPE sangat cocok digunakan di perumahan yang tanahnya tidak stabil, curam, atau rawan bencana.


PP-R

Pipa yang satu ini terbuat dari material polypropylene random dengan karakter yang unik. Pipa tersebut mampu menyalurkan air bertekanan yang bersuhu tinggi. Pipa ini biasanya hadir dengan warna hijjau dan dapat digunakan untuk kebutuhan sanitasi di rumah. Beberapa keunggulan dari jenis pipa ini adalah adalah tahan gempa, anti abrasi, ringan, dan lentur sehingga proses pemasangannya lebih mudah.


PEX

PEX atau Cross-Linked Polyethylene adalah jenis pipa yang dapat digunakan untuk air dingin maupun air panas di rumah hunian. Pipa ini juga dapat menggunakan instalasi hidrolik karena mampu bertahan di suhu yang ekstrem. Selain itu proses instalasi pipa ini juga sangat sederhana dibandingkan pipa jenis lainnya.


Rucika merupakan salah satu merek saluran air yang sangat populer di Indonesia. Jenis pipa yang paling banyak diminati adalah pipa PVC. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi menemukan pipa yang bagus untuk memenuhi kebutuhan rumah hunian Anda. Rucika dapat menjadi solusi untuk sistem pemipaan rumah yang berkualitas.


Rucika telah berpengalaman selama bertahun-tahun dengan menyediakan produk – produk pipa yang berkualitas. Ada banyak pilihan pipa yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Rucika standard menjadi produk yang paling laris untuk pemipaan baik air bersih maupun buangan.


Pipa Rucika PVC menawarkan beberapa keunggulan seperti sifatnya yang kuat, tahan korosi, ringan, dan mudah disambungkan. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tidak heran jika Rucika menjadi salah satu pipa air terbaik di pasaran saat ini.

Click to comment