Tipe Hosting Terbaik di Tahun 2020

Semua website yang sekarang ini bisa kamu akses pasti berlangganan host. Namun tidak semua website menggunakan provider host yang sama dan mereka bisa saja mendapatkan pelayanan yang berbeda. 


Jika kamu pemula dalam dunia website, maka tidak ada salahnya kamu belajar mengenai berbagai macam tipe provider hosting terbaik Indonesia.


Hosting Terbaik


Ini bisa sangat membantu kamu dalam memahami dunia website selanjutnya. Kamu akan bisa membedakan penyedia layanan mana yang memang berkualitas. 


Pastikan kamu berlangganan di tempat yang tepat, supaya tidak menyesal terhadap performa yang aplikasi website kamu berikan. Kamu akan dibawa untuk bisa memahami tentang apa yang membuat pihak penyedia menjadi lebih baik.


Apa Itu Web Hosting?


Hal paling mendasar yang harus bisa dipahami oleh pemula adalah pengertian dari website host. Definisinya adalah website itu dihostingkan pada berbagai server. 


Perangkat server merupakan perangkat yang berkapasitas besar dalam menyimpan data yang berkaitan dengan isi dari situs-situs. 


Setiap komponen yang ada dalam web akan disimpan dalam server dan diakses melalui host. Semua komponen yang dimaksud berupa berbagai elemen, seperti file, teks, gambar, video, dan lain-lain.


Setiap server secara fisik berlokasi di data center. Setiap data center biasanya dioperasikan dan dikelola oleh banyak perusahaan host.


Setiap perusahaan host menggunakan teknologi dan juga ruang dalam server untuk bisa digunakan oleh website yang menjadi pelanggannya.


Teknologi yang disediakan oleh perusahaan tersebut juga memungkinkan pengguna internet untuk bisa mengakses website yang menjadi pelanggan perusahaan tersebut. 


Berbagai Macam Web Hosting


Setiap perusahaan host bisa menggunakan berbagai macam jenis server. Setidaknya terdapat empat jenis server yakni shared host, dedicated server, virtual private server, dan cloud hosting Indonesia


Shared host memungkinkan penggunaan resource secara bersama-sama oleh banyak pelanggan. Tingkatan server dengan performa paling rendah biasanya adalah shared host.


Sedangkan satu tingkat di atasnya terdapat virtual private server (VPS) yang bisa dipakai dengan lebih nyaman, karena resource yang ada tidak dipakai bersama. 


Ini memungkinkan penggunanya memiliki privasi lebih dalam mendayagunakan server. Layanan server yang paling mahal adalah dedicated server. 


Dedicated server memungkinkan penggunaan server hanya untuk satu pelanggan saja. Jenis ini adalah yang paling mahal dan bisa menunjukkan performa uptime yang jauh lebih tinggi. 


Pelanggan akan bisa memilih software dan pengaturan lainnya sesuai keperluan mereka tanpa harus terbentur dengan keperluan orang lain.


Sedangkan jenis server yang terakhir adalah cloud hosting. Jenis ini merupakan hasil pengembangan mirip VPS. Server ini menggunakan berbagai macam server yang memiliki tanggung jawab berbeda. 


Ketika satu server mengalami masalah, maka server lainnya akan mengambil tanggung jawabnya.


Siapa Provider Hosting Terbaik?


Kamu yang sedang berniat membangun website, pasti sekarang sedang sibuk searching informasi dari satu website host ke website host lainnya. 


Namun ketika coba mengecek berdasarkan review, kamu mendapati bahwa provider itu tidak memiliki performa sebaik yang mereka katakan.


Daripada kamu pusing-pusing cari informasi terus, ada baiknya kamu coba untuk membuka internet dan langsung cari DomaiNesia. Tersedia banyak review baik mengenai perusahaan yang satu ini. 


Ada yang berbahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Pasalnya klien dari perusahaan ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan dari mancanegara.


Pelanggannya akan bisa memilih server sesuai dengan posisi domisili mereka. Beberapa servernya ada yang berlokasi di 5 negara yakni Amerika (Dallas), Jepang (Tokyo), Singapura, Jakarta, dan Merlin (England). Setiap server akan dikenakan harga yang sama, jadi tidak terdapat perbedaan harga.


Kamu akan bisa melihat setiap status server dengan baik. Hanya DomaiNesia saja yang berani buka-bukaan mengenai status servernya. 


Status server mereka bersifat real time. Mengetahui status server dapat membantu klien mengetahui loading dari setiap server.


Fitur-Fitur Hosting DomaiNesia


Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh klien DomaiNesia. Setiap fitur tersebut sudah pasti akan menunjang performa dan kenyamanan klien dalam mengelola website. Beberapa fitur yang disediakan bisa kamu lihat di bawah ini.


1. Enterprise-grade SSD


Fitur pertama yang ditawarkan kepada penggunanya adalah penyimpanan data dengan menggunakan Enterprise-grade SSD. Jenis SSD tersebut menunjang performa website memiliki kecepatan kilat.


2. Backup Cloud


Klien tidak perlu takut kehilangan data secara tiba-tiba, karena setiap paket sudah dilengkapi dengan backup harian ke cloud. Tidak banyak provider yang memberikan layanan backup harian kepada pelanggannya.


3. Bisa Kembangkan Website


Pembangunan website dengan memanfaatkan host di DomaiNesia bisa dilakukan hanya dengan klik bagi pemula yang tidak paham koding. Sedangkan pengembangan lebih lanjut yang memanfaatkan koding bisa diwujudkan dengan menggunakan Node.js, Python, Ruby, Go, Binary Linux, dan PHP.


4. Mail Channels Spam Filter

Provider yang satu ini juga memberikan perlindungan kepada pelanggannya dari email bersifat spam. Selain itu, email yang dikirim kepada orang lain juga tidak akan dianggap sebagai spam, sehingga bisa sampai ke email yang dituju. 

Click to comment