Tips Keuangan Bagi Anda yang Sudah Berkeluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, pasti sudah merasakan bagaimana susahnya mengatur keuangan agar selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan. 


Karena memang biasanya setelah menikah akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, terutama jika sudah memiliki anak. 


Sehingga mengatur keuangan dengan baik menjadi salah satu kunci agar antara pemasukan dengan pengeluaran bisa seimbang. 


Serta agar keuangan menjadi lebih sehat. Agar bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik, tentu perlu tips keuangan yang jitu. Sehingga hasil pengaturan keuangannya pun bisa maksimal.


Mengatur keuangan dengan baik juga bisa menjadi salah satu kunci harmonis dalam membangun rumah tangga. 


Tips Keuangan Bagi Anda yang Sudah Berkeluarga

Karena tidak jarang sebuah keluarga bisa retak lantaran kondisi keuangan yang tidak sehat. Sehingga sebisa mungkin Anda dan pasangan juga harus lebih memperhatikan hal ini dengan baik. 


Agar rumah tangga bisa berjalan dengan baik ke depannya. Untuk mengatur keuangan keluarga, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Caranya dengan menerapkan berbagai tips berikut ini:


1. Tentukan skala prioritas.


Untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat skala prioritas. Tentukan apa saja keperluan yang ingin dipenuhi terlebih dahulu. Kemudian lihat kebutuhan apa yang paling penting dan harus segera dipenuhi. 


Misalnya jika Anda memiliki cicilan atau hutang, maka sebaiknya prioritaskan uang yang dimiliki untuk membayar cicilan dan hutang. Baru kemudian memikirkan untuk menggunakan uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan penting lainnya.


2. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan.


Sesibuk apapun, kebiasaan yang satu ini wajib untuk dilakukan. Karena mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan keluarga akan membantu mengetahui seberapa banyak uang yang dikeluarkan setiap bulannya. 


Selain itu, dengan cara ini Anda juga bisa mengetahui apakah pengeluaran yang dilakukan memang sudah cocok ataukah belum dengan perencanaan yang dibuat dalam skala prioritas. Kebiasaan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan ini juga sangat efektif untuk mencegah dari pemborosan.


3. Buat beberapa tabungan.


Meskipun kebutuhan bulanan keluarga cukup banyak, namun usahakan selalu menyisihkan pendapatan untuk ditabung. 


Kebiasaan menabung ini perlu anda lakukan secara kontinyu agar semakin disiplin dalam melakukan hidup hemat, serta agar memiliki masa depan yang cerah. 


Tabungan yang dimiliki sebaiknya tidak hanya di satu tempat. Anda bisa memiliki beberapa tabungan untuk kebutuhan yang berbeda-beda, seperti tabungan pendidikan anak, tabungan untuk dana darurat, dan tabungan dana pension. Anda juga bisa mencoba melakukan investasi jika memiliki dana lebih. 


4. Lakukan evaluasi keuangan keluarga setiap bulannya.


Dari kebiasaan mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap harinya, maka Anda dan pasangan bisa melakukan evaluasi keuangan. 


Anda bisa mengevaluasi apakah uang yang dikeluarkan memang sudah digunakan untuk sesuatu yang diprioritaskan ataukah belum. Jika misalnya masih banyak uang yang habis digunakan untuk sesuatu yang tidak terlalu penting, maka Anda bisa memutuskan untuk mengeliminasinya agar dana bisa ditabung atau dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih berguna. 


Lakukan evaluasi keuangan ini setiap bulan sekali, sehingga keuangan bisa terkelola dengan baik. Semakin baik evaluasi yang dilakukan, maka semakin bijak juga Anda dalam mengatur keuangan.


Itu tadi sedikit tips keuangan yang bisa dilakukan bagi Anda yang sudah berkeluarga. Mengingat uang merupakan sesuatu yang sensitif, selalu komunikasikan keuangan keluarga dengan pasangan Anda. 


Sehingga tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari yang bisa menjadi pemicu perpecahan dalam keluarga. 


Melakukan komunikasi yang baik dengan pasangan juga akan membantu dalam merencanakan masa depan yang ingin diwujudkan bersama. Luangkan waktu untuk selalu membahas keuangan keluarga bersama pasangan, sehingga pengelolaan keuangan bisa berjalan lancar.

Click to comment