-->

8 Manfaat Rileksasi Tubuh Dan Pikiran Untuk Kesehatan

Dalam buku Ten Minute Stress Relief, Erica Brealey memberikan trik rileksasi dalam yang berguna untuk membuat tubuh dan pikiran rileks, tenang.


Teknik rileksasi ini berdasarkan pada yoga dengan pose savasana. Bertujuan untuk membuat tenang pikiran dan tubuh melalui proses melepaskan ketegangan otot di setiap bagian tubuh.


Rileksasi dengan cara ini akan membantu mengenyahkan kelelahan, meredakan stres, dan simtom terkait stres seperti sakit kepala, migren, dan insomnia.


Berikut adalah teknik yang dilakukan dalam rileksasi dalam.

Manfaat Rileksasi Tubuh

1. Berbaring dengan posisi telentang.


2. Pejamkan mata dan fokus pada napas Anda. Tarik napas dalam dan perlahan, hitung hingga empat, lalu hembuskan empat hitungan. Lakukan terus hingga napas Anda menjadi ringan dan rileks.


3. Kemudian alihkan perhatian untuk melepaskan ketegangan dengan secara sadar membuat rilek setiap bagian tubuh. Pertama, pusatkan perhatian pada kaki selama beberapa saat. Rileks sedalam mungkin lalu pindahkan kesadaran ke bagian betis dan ulangi proses tersebut.


4. Lakukan terus ke bagian atas tubuh dengan membuat rileks paha, bokong, pinggul, perut, punggung bagian bawah, dada, punggung bagian atas, tangan, lengan, lengan atas, bahu, tenggorokan, leher, dan kepala.


5. Beri perhatian khusus pada bagian halus untuk membuat wajah rileks. Rileks dagun dan mulut, membuat bibir rileks dan lidah beristirahat di setengah lebih bawah bagian mulut. Rileks pipi, mata, alis, dahi, dan pelipis. Rasakan kulit melembut saat otot wajah benar-benar rileks. Lalu rilekskan kulit kepala dan seluruh otot di bagian kepala.


6. Pindai seluruh tubuh dari ujung jari kaki ke ujung kepala. Bernapas ke kantung-kantung yang penuh ketegangan. Lepaskan dan rileks saat napas dihembuskan.


7. Sekarang Anda benar-benar rileks. Saat seluruh beban tubuh beristirahat di lantai membuat Anda merasa tenggelam ke dalamnya.


8. Lalu, kembali sadari napas dan tetap dalam posisi ini selama 5-10 menit.


Sangat dianjurkan untuk memulai rileksasi cepat dulu yang kemudian dilanjutkan rileksasi dalam.


Baca Juga : Beragam Bahan-Bahan Alami Untuk Mengatasi Luka