Manfaat Dan Pentingnya Resapan Air Bagi Lingkungan Anda

https://www.iko.web.id/2018/11/manfaat-dan-pentingnya-resapan-air-bagi.html

Bagi anda yang hidup dikota-kota yang mungkin sering susah mendapatkan air bersih biasanya akan bingung untuk mencari air. Itu terjadi karena kurangnya resapan air yang ada di sekitarnya. Pentingnya resapan air ini untuk membantu anda ketika susah mendapatkan air. Lalu ketika terjadi hujan kemana air hujan itu mengalir? bukankah kalau terjadi hujan intensitas air akan menjadi tinggi. Nah itulah penyebab yang terjadi ketika resapan air tidak ada. Untuk itu bagi anda mungkin belum ada yang tahu mengenai sumur resapan dan apa manfaatnya simak artikel ini.

Manfaat Dari Sumur Resapan

1. Menjadi cadangan air ketika musim kemarau
2. Mengurangi tercermarnya air di dalam tanah
3. Untuk yang tinggal di dekat daerah pantai atau kawasan pesisir laut bisa mengurangi dan menahan intrusi air
4. Mengurangi sedimentasi dan erosi
5. Mencegah turunnya tanah atau land subsidence

Adapun yang harus anda butuhkan untuk membuat sumur resapan air

1. Dinding sumur

Untuk bagian ini harus memakai besi beton pada bagian bawahnya, dan bagian atasnya menggunakan batako atau bata merah.

2. Isi sumur

Bagian pengisi sumur ini bisa dengan menggunakan batu kerikil ukuran sekitar 10-20cm atau juga bisa dengan bata yang dipecah ukuran 10cm.

3. Saluran air

Biasanya ketika hujan aliran air akan masuk ke sumur resepan dan butuh saluran pipa dengan ukuran diameter 110mm, lalu pipa beton dengan ukuran diameter 200mm.

4. Bagian penutup sumur resapan

Disini ada beberapa bagian yang bisa anda pakai untuk bahan penutup sumur diantaranya, pelat beton yang bertulang dan yang tidak bertulang dengan ukuran masing- masing 10cm dengan campuran pasir dan semen lalu yang terakhir adalah ferrocement ukuran tebal 10cm.

Resapan air memang penting bagi anda yang susah mendapatkan air bersih atau yang mengalami kekeringan disaat musim kemarau. Maka dari itu dengan ulasan di atas anda tidak perlu lagi mencari bagaimana dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah sumur resapan. Semoga apa yang anda baca diartikel ini bisa bermanfaat dan diterapkan dikehidupan.

Click to comment