Kenali Jenis Investasi Online yang Tepat Untuk Pemula

Buat orang-orang yang masih di usia muda, banyak sekali dari mereka yang melakukan bisnis sendiri karena bisa menambah penghasilan utama mereka yang lain. Salah satu bisnis yang saat ini sudah semakin menjamur adalah investasi online. Kebanyakan anak-anak muda milenial sengaja menginvestasikan uangnya secara online karena dinilai menguntungkan. Tapi benarkah demikian?

Kenali Jenis Investasi Online yang Tepat Untuk Pemula

Melakukan investasi online bisa memberikan keuntungan yang lebih kalau kamu memilih jenis dan menggunakannya dengan tepat. Sebagai seorang pemula, dunia investasi terkadang menakutkan. Salah melakukan pergerakan saja, tentu kamu tidak mendapat keuntungan dan justru malah merugi.

Kamu pun juga harus tahu berapa besar return yang diberikan oleh pihak investasi yang kamu pilih, apakah rendah, sedang, atau tinggi. Perhatikan juga segala resiko yang didapat agar kamu bisa mempertimbangkan keputusan yang akan diambil. Nah, buat kamu yang baru memulai berinvestasi secara online, berikut alternatif jenis yang bisa kamu gunakan.

1. Investasi emas

Investasi emas

Emas termasuk harta yang paling stabil di antara alat investasi lainnya. Karakternya yang stabil inilah yang membuat sebagian besar orang memilihnya, apalagi bisa kamu temukan dengan mudah. Investasi online emas seperti inilah yang cocok buat kamu yang masih pemula. Belum lagi resiko yang didapatnya tidak terlalu tinggi, sehingga kamu tidak akan terlalu pusing saat mendapat resiko terburuknya.

Baca Juga : Kata Kata Motivasi di Kala Patah Semangat

Alasan lain jenis ini cocok untuk pemula yaitu returnnya yang stabil dan harganya yang jatuh pun tidak terlalu jauh juga. Meskipun kamu bisa mendapatkannya secara offline di toko emas, secara online kamu bisa menemukannya di platform khusus yang menyediakannya. Tapi pastikan kamu memilih aplikasi yang aman dan terpercaya.

2. Investasi reksadana

Investasi reksadana

Jenis investasi online kedua yang cocok untuk pemula yaitu produk reksadana. Reksadana merupakan produk perusahaan investasi yang nantinya pihak mereka akan menjalankan atau menentukan pasar uang, saham, mau pun surat utang. Mereka jugalah yang memutuskan berapa porsi yang akan dibeli, sehingga kamu tidak perlu lagi ikut mengaturnya.

Kamu cukup memberikan modal saja dengan sejumlah tertentu dan menunggu hasilnya. Karena tidak membutuhkan modal yang tinggi, akan sangat cocok buat kamu yang punya budget yang terbatas untuk investasi online. Tapi, karena sudah semakin jasa banyak investasi reksadana secara online, pastikan kamu memilihnya yang sudah terdaftar di OJK.

Jangan sampai kamu pilih jasa yang tidak terdaftar OJK karena siapa tahu perusahaan tersebut adalah bodong atau abal-abal. Memilih yang bodong sama saja kamu tidak berinvestasi mendapat keuntungan, melainkan kerugian. Karena itulah, cari tahu dulu perusahaan jenis ini agar selama bertransaksi aman dan menguntungkan.

3. Investasi saham

Investasi saham

Alternatif lainnya adalah investasi saham. Untuk jenis yang ini, kamu tidak akan melakukannya dengan gampang, karena cukup sulit dilakukan dan membutuhkan ekstra hati-hati. Meski masih pemula, setidaknya kamu pelajari dulu dunia saham agar kamu bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi saat mengambilnya.

Untuk mempelajarinya, kamu bisa menggunakan platform simulasi saham agar merasakan langsung apa yang harus dilakukan ketika menjual atau membelinya. Karena resikonya termasuk tinggi, maka return yang didapat pun akan tinggi pula. Tapi kalau kamu masih belum mengerti, kamu bisa meminta broker untuk membantumu.

Berencana melakukan investasi online mulai dari usia muda memang memberikan peluang keuntungan yang besar untuk masa tua nanti. Tapi pastikan saja kamu menggunakan jasa investasi yang tepat agar tidak banyak menerima kerugian.

Salah satu platform investasi online yang bisa dipercaya di zaman milenial ini adalah mandirisekuritas.co.id. Produk dan layanan yang bisa kamu gunakan yaitu capital market, investment banking, dan subdiaries. Karena di bawah naungan bank Mandiri, kamu tidak usah khawatir lagi dengan kredibilitasnya. Apalagi tim dealer dan research-nya sudah mendapatkan banyak penghargaan secara nasional dan internasional.

Click to comment