Kenali 3 Faktor yang Buat Anak Malas Belajar

Anak malas belajar - Hampir semua orang yang memiliki buah hati berusia lebih dari 7 tahun pasti sering dilanda masalah yang sama yakni rasa malas belajar yang muncul dalam kepribadian buah hati. Tak heran bila beberapa orang tua akan kelimpungan mengatasi buah hatinya dan mendorongnya agar mau giat belajar.

Kenali 3 Faktor yang Buat Anak Malas Belajar

Hal utama yang perlu Bunda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan anak malas belajar adalah mengetahui penyebab apa saja yang menghambat si Kecil untuk belajar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami
                     Menguak Manfaat Korset Pelangsing

Dengan mengenali faktor-faktor penghambat yang bikin anak malas belajar ini, semangat buah hati untuk membuka buku pelajarannya akan semakin bertambah.

Faktot-faktor penyebab anak malas belajar

1. Anak tak tahu tujuan belajar

Kebanyakan anak merasa sangat malas untuk belajar lantran ia tak mengetahui manfaat apa yang akan diperolehnya dengan belajar. Anak sangat terbiasa menggambarkan sesuatu dengan jelas, oleh karena itu berikanlan ilustrasi gambaran akan manfaat jelas dan nyata yang bisa ia peroleh dengan rajin belajar. Misalnya, Anda bisa memberikannya potret anak berprestasi lantaran giat belajar.

2. Lingkungan di rumah kurang nyaman

Bila Anda ingin buah hati Anda tumbuh sebagai sosok anak yang rajin dan gemar belajar, maka sebagai orang tua sediakanlah fasilitas penunjang semperti meja belajar dan ruangan khusus. Ruang belajar yang bercampur dengan zona santai, ngobrol, atau makan akan sangat mudah membuat konsentrasi anak pecah dan bikin anak malas belajar. Zona belajar khusus ini akan membuat buah hati Anda lebih mood dan mampu mengalirkan ide-ide cemerlang yang menunjang semangat dan motivasi untuk belajar.

3. Over study

Bisa jadi juga penyebab anak malas belajar adalah karena Anda terlalu membebani aktivitas belajar anak. Sebagai contoh, bila si Kecil harus belajar di sekolah dari jam 7 pagi hingga jam 1 siang, lalu Anda juga masih mengantarkannya ke tempat les hingga sore hari, dan di malam hari Anda masih juga memintanya untuk belajar, kalau begini siapa yang tak stres?

Anda pastinya juga akan merasa stres kan bila setelah bekerja seharian, malam harinya masih juga dibebani dengan aktivitas yang sama? Oleh karena itu, upayakan untuk mengatur jam belajar si Kecil agar ia tak merasa terlalu stres dengan rutinitas belajar yang dilakoninya.

Nah itulah tiga faktor utama penyebab anak malas belajar yang perlu Anda perhatikan. Dengan mengenali ketiga faktor penyebab anak malas belajar tersebut, Anda bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang dihadapi buah hati.

Click to comment