Kenali Makanan Pemicu Alergi Si Buah Hati

Makanan Pemicu Alergi Pada Anak - Alergi pada makanan merupakan sebuah reaksi yang terjadi pada sistem kekebalan setelah mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, seseorang yang mengalami alergi terjadi kekeliruan pada sistem kekebalan untuk mengenali protein makanan sebagai zat berbahaya, maka dari itu makanan yang mengandung protein terkadang menjadi pemicu dari timbulnya alergi.

Kenali Makanan Pemicu Alergi Si Buah Hati

Gejala alergi sendiri seperti masalah pencernaan, gatal-gatal atau bengkak pada saluran udara bahkan bagi sebagian orang alergi makanan bisa menjadi penyebab gejala parah dan bahkan reaksi yang bisa mengancam nyawa yang dikenal sebagai anafilaksis.

Tapi bagaimana kalau ini terjadi pada anak-anak ? semua makanan bisa memicu terjadinya alergi pada anak dan makanan apa saja sih moms yang memicu anak alergi ? Mari simak Makanan Pemicu Alergi Pada Anak berikut ini :

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami
                    Menguak Manfaat Korset Pelangsing

Susu Sapi

Untuk seorang bayi, susu sapi dianggap sebagai protein asing, dan sebaiknya pemberian susu sapi diberikan setelah buah hati berusia 1 tahun. gejala yang ditimbulkan reaksi alergi pada susu sapi yaitu berupa diare dan muntah, ternyata alergi yang disebabkan oleh protein susu sapi akan menetap sampai akhir masa kanak kanak dan perlu diketahui juga anak yang alergi susu sapi bukan berarti alergi juga terhadap sapi maupun daging sapi.

Telur Ayam

Anak yang memiliki alergi terhadap telur ayam bukan berarti juga alergi terhadap daging ayam, alergi pada telur ayam ini hanya bisa timbul reaksi bila diberikan vaksin yang ditanam pada kuning telur.

Ikan

Ikan laut memiliki Alergen yang kuat yang bentuk reaksi alerginya berupa asma, alergi ini bisa terjadi hanya dengan mencium bau yang sedang diolah atau dimasak yang akan membuat anak menjadi sangat sensitif dan bisa membuat anak sesak nafas dan bersin-bersin. Makanan laut lain yang menimbulkan alergi seperti udang, lobster dan kepiting.

Kacang Kacangan

Semua jenis kacang-kacangan bisa memicu terjadinya alergi yang memiliki gejala yang berupa gatal-gatal di tenggorokan, kacang kacangan sendiri memiliki alergenitas yang rendah dan sifat alergenitasnya akan berkurang dengan pemanasan.

Sayur Dan Buah

Sifat alergi ini akan hilang jika dimasak dalam 2 menit dan atau diletakkan dalam freezer dalam kurun waktu 2 minggu, perlu diketahui alergi jenis ini biasanya alergi juga terhadap serbuk bunga dan kacang-kacangan.

Gandum

Ini bias menyebabkan reaksi alergi bila dihirup jika dalam bentuk tepung, tapi jika di makan tidak akan selalu menimbulkan reaksi alergi dikarenakan gandum akan dicerna oleh enzim pencernaan di lambung.

Moms, sudah tahukan makanan apa saja yang menyebabkan alergi pada si buah hati anda, Demikianlah informasi tentang Makanan pemicu alergi pada anak yang dapat kami sampaikan kepada anda semoga bermanfaat dan membantu untuk anda.

Click to comment