Terapkan Aturan 15 Menit Sebelum Menidurkan Bayi

Dalam menidurkan bayi, hal yang umum terjadi di Indonesia adalah bayi dan orangtua tidur dalam satu ranjang yang sama. Sebenarnya, cara seperti itu dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi fase tumbuh kembang bayi.

Terapkan Aturan 15 Menit Sebelum Menidurkan Bayi

Kebiasaan bayi tidur dalam satu ranjang yang sama dengan orangtua ini akan menimbulkan masalah seperti bayi tidak bisa tidur di ranjang mereka sendiri.  Padahal, melatih bayi untuk tidur di kasur sendiri seharusnya dimulai saat usianya belum mencapai angka empat bulan.

Hal ini dikarenakan, ketika bayi mencapai usia empat bulan, perkembangan otak mereka sudah cenderung optimal, sehingga mereka lebih aktif dalam bergerak. Hal yang demikian tentunya akan sangat merepotkan, jika bayi masih tidur bersama orangtua.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami
                     Menguak Manfaat Korset Pelangsing

“Pada akhirnya, hal ini akan memengaruhi pola waktu bayi dan mengganggu tidur orangtua,” ujar Brooke Nalle, penulis buku elektronik Ready, Set, Baby! The Watch and Learn Guide to Your Baby’s First Year, seperti dilansir dari kompas female.

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk melatih bayi tidur di kamarnya sendiri, waktu yang disarankan adalah ketika akhir pekan. Tujuannya agar kedua orangtua, ayah dan ibu memiliki banyak waktu untuk membantu mengajarkan anak belajar mandiri semenjak usia dini.

“Tentukanlah jam tidur bayi dan mulai letakkan bayi dalam ranjangnya sebelum waktu tersebut. Ini bermanfaat agar bayi beradaptasi dengan kasurnya dan lingkungan di kamarnya sendiri,” saran Nalle.

Sukses mengatur pola dan jam tidur bayi bergantung pada komitmen orangtua. Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan bayi lelah dan mengantuk, berikut ciri-ciri bayi yang lelah dan mengantuk:

  • Menangis keras.
  • Memukul–mukul lengannya.
  • Gelisah dan menarik–narik botol susu atau puting payudara ibu.
  • Bayi menggosok mata.
  • Bayi menarik–narik telinganya.
  • Menguap bersuara.
  • Menaruh kepalanya pada bahu Anda.

Nalle mengatakan bahwa waktu paling tepat untuk meletakkan bayi di kasurnya adalah 15 menit sebelum mereka benar-benar terlelap.

Oleh karena itu, ketika ibu melihat bayi sudah memberikan sinyal mengantuk seperti terurai di atas, segera timang buah hati Anda lalu letakkan pada kasur mereka. Anda dapat mengiringi rasa kantuk bayi dengan menimang dan menyanyikan senandung tidur yang menenangkan bayi.

Click to comment