Tips Tidur Nyaman Meski Udara Panas

Kamar tidur yang nyaman dan sejuk akan membantu tidur lebih nyenyak. Namun, di saat cuaca sedang panas, kerapkali membuat tidur menjadi terganggu. Hal ini tentu saja akan memberi efek buruk bagi tubuh.

Tips Tidur Nyaman Meski Udara Panas


Penelitian menunjukkan, tidur yang terganggu atau kualitas tidur yang buruk akan memiliki efek merusak terhadap konsentrasi, kesehatan secara keseluruhan, dan hubungan pribadi. Untuk itu, agar udara panas tidak mengganggu tidur, ada baiknya mengikuti sejumlah anjuran yang diberikan oleh para ahli seperti dikutip Female First.


  • Air merupakan agen pendingin yang baik secara eksternal maupun internal. Karenanya, mandi dengan air dingin sebelum tidur, di saat cuaca sedang panas, dapat membuat tubuh terasa adem dan tidur menjadi lebih nyaman.


  • Hidrasi tubuh dengan baik. Kekurangan cairan atau bahkan hingga mengalami dehidrasi akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Dehidrasi dipercaya menjadi salah satu penyebab utama dari kram kaki. Untuk itu, cukupi kebutuhan dua liter air setiap harinya. Sedapat mungkin hindari minuman beralkohol dan kafein.


  • Cegah penumpukan panas dalam kamar sepanjang hari. Caranya adalah dengan memastikan vitrase atau gorden terpasang dengan baik guna menghindari udara panas yang terkonsentrasi di dalam kamar. Di malam hari, saat udara di luar tidak lebih panas ketimbang di dalam ruang, buka jendela dan biarkan udara bersirkulasi di kamar tidur.


  • Gunakan kipas angin di dalam kamar. Tujuannya agar udara daoat bersirkulasi dengan baik di dalam ruangan.

  • Gunakan pakaian tidur yang nyaman. Pakain ini sebaiknya tidak terlalu tebal. Cukup pakaian tipis agar Anda tidak kepanasan saat tidur. Kalau terasa dingin, tambahkan selimut yang tipis saja.


  • Kalau malam hari terasa panas, siapkan botol berisi air di samping tempat tidur. Bila Anda terbangun dan merasa panas, air bisa disemprotkan ke wajah. Selain itu, sediakan pula segelas air, jika Anda merasa kehausan saat terbangun tengah malam.


  • Cuci kaki dengan air dingin sebelum tidur. Anda juga bisa menyiram pergelangan tangan dengan air dingin.


  • Letakkan kain lembab di lemari es selama satu jam atau beberapa saat sebelum tidur. Sesaat sebelum tidur, keluarkan kain tersebut dan letakkan di kening agar terasa lebih adem dan membantu Anda tidur dengan lebih nyaman.


  • Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan mendinginkan sarung bantal di dalam freezer beberapa saat sebelum tidur. Saat akan tidur, pasang pada bantal dan Anda siap tidur dengan suasana lebih dingin.

Click to comment