Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Aman

Cara menghilangkan bekas jerawat seperti apa yang kamu lakukan selama ini? Apapun itu, lakukan selama tidak merusak kulit. Hati-hati pula, obat kimia malah bisa bikin wajahmu rusak!. Berdasarkan sumber resmi, jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri C. Acne.

Penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, meski ada beberapa faktor yang berkaitan. Ya, faktor tersebut meliputi stres, hormonal, paparan udara kotor, kelenjar minyak yang terlalu aktif, bakteri, hingga keturunan dari orang tua.

https://www.iko.web.id/2018/12/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara.html

Pada kasus hormonal misalnya, ia menjadi faktor penting yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat akibat meningkatnya produksi hormon testosteron pada tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak kulit secara berlebihan.

Kondisi tersebut, lantas menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil (terkadang berisi nanah) di permukaan kulit.
Jerawat biasa muncul di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu wajah, leher, dada bagian atas, dan punggung. Saat sudah sembuh, kamu pasti akan memikirkan cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Pusing, ‘kan? 

Butuh perawatan khusus guna menangani bekas jerawat agar dapat sembuh total tanpa bekas. Jika tidak ditangani secara serius, bukan tak mungkin kalau jerawat yang sudah sembuh akan muncul lagi dan merusak penampilan dirimu!

Kalau kamu tak cocok dengan pengobatan medis, masih ada cara lain lewat metode yang lebih alami. Bagaimana sih caranya? Agar lebih jelas, simak sebagai berikut:

Baca juga: Manfaat Penting Dari Cabe Rawit Untuk Kesehatan Tubuh Anda

1. Menggunakan Buah Lemon

https://www.iko.web.id/2018/12/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara.html

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon? Ya, buah yang satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan sebagai antibakteri. Selain itu, lemon dapat bertindak sebagai exfoliant untuk membantu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tersumbat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon adalah membilas air perasan buah tersebut di wajah atau area tubuhmu yang terkena jerawat. Kamu bisa melakukan cara ini saat hendak tidur serta sebelum beraktivitas di pagi hari.

Selain bilas, kamu juga bisa mencoba cara lain yakni mengoleskan kapas yang sudah dicelupkan ke jus lemon pada bekas jerawat, lalu bilas dengan air dingin. Lemon bertindak sebagai pengelupas kulit, eksfolian, dan desinfektan untuk mengurangi munculnya bekas luka dan mencegah pembentukan jerawat baru. 

Selain ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat, lemon juga dapat membuat wajah segar dan bersinar karena ampuh mengangkat sel kulit mati. Patut kamu coba mulai dari sekarang!
Meski begitu, kamu harus memahami bahwa lemon bukan satu-satunya cara menghilangkan jerawat secara alami. Masih ada kiat lainnya yang bisa kamu coba di bawah ini.

2. Mengoleskan Lidah Buaya

https://www.iko.web.id/2018/12/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara.html

Aloe vera alias lidah buaya kaya akan vitamin dan mineral. Lidah buaya telah lama diklaim berkhasiat mengatasi bekas jerawat di wajah. Berdasarkan fungsinya, lidah buaya dapat bertindak sebagai antiperadangan yang dapat meredakan jerawat memerah, menggelembung, hingga meredakan rasa nyeri lebih cepat. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat yang bisa mempercepat pembentukan kolagen sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik. Tak hanya itu, lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang sanggup menghalau bakteri penyebab jerawat. Tenang saja, lidah buaya tidak akan menyumbat pori pada wajahmu, sehingga aman.

Bagaimana cara pakainya? Mudah kok, kamu tinggal ambil bagian daging lidah buaya lalu aplikasikan pada bekas jerawat. Usahakan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoles bagian daging lidah buaya tersebut.

Baca juga: Manfaat Yang Dihasilkan Dari Buah Mangga

3. Menggunakan Sayur Tomat

https://www.iko.web.id/2018/12/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara.html

Tahukah kamu, bahwa tomat mengandung likopen sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas penyebab kulit rusak dan penuaan dini secara alami. Selain itu, likopen berguna untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu proses pembentukan kulit baru. Tak hanya baik untuk mencegah, likopen juga ikut membantu mengobati dan mengatasi bekas jerawat!

Selain itu, tomat memiliki tingkat keasaman tinggi yang ramah pada kulit. Keasaman tersebut akan membantu menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) pada kulit. Cara pakainya adalah mengiris tomat, lalu gosokkan ke wajah dengan gerakan melingkar pada area yang berjerawat. Setelah itu bilas dengan air dingin. Khasiat tomat yang memperlambat dan bahkan menghentikan jerawat untuk muncul kembali dengan membuat kulit bebas dari minyak, bisa kamu coba mulai dari sekarang. Yuk!

4. Mengoleskan Madu

https://www.iko.web.id/2018/12/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara.html

Sifat antibiotik dalam kandungan madu, efektif membersihkan kulit dan mencegah jerawat baru. Tak hanya itu, madu juga dipercaya bisa membantu kulit tampak lembut, kencang, dan lembap.

Cara penggunaannya adalah mengoleskan satu sendok teh madu ke area wajah dengan bekas jerawat. Ya, kamu juga bisa membuat masker dengan mencampur ½ cangkir madu dengan 1 cangkir plain oatmeal. Diamkan menempel di wajah selama 30 menit. Madu yang disarankan adalah madu alami seperti raw honey, madu organik, atau madu liar. Kamu bisa mencarinya di apotek serta toko-toko terdekat.

Baca juga: Mengenal Gejala Dan Infeksi Bakteri Anaerob

5. Minum Teh Hijau

https://www.iko.web.id/2018/12/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-secara.html

Setelah cara menghilangkan jerawat di atas melibatkan kamu untuk mengolesnya di wajah, kini saatnya mencoba metode berbeda yakni diminum. Tenang, yang akan kamu minum justru sehat dan menyegarkan: teh hijau!

Kandungan senyawa antimikroba dan antioksidan dalam teh hijau, dapat membantu mengangkat sel kulit mati bekas jerawat. Gunakan secangkir teh hijau dingin sebagai pencuci wajah atau kamu juga bisa mengompres kantong teh hijau di area wajah yang berjerawat.

Cara ini bisa membendung produksi sebum dan memerangi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minum teh hijau 2-3 cangkir per hari akan membantu mengusir jerawat lewat nutrisi dari dalam.
Sudah siap bikin wajahmu lebih cemerlah? Yuk, ikuti cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan aman lewat langkah di atas!

Click to comment